DONATE

JPZIS Baitul Karim Sebagai Prototipe Gerakan Infaq Di Wilayah Bugul Kidul

Bingkisan Ramadhan

Lazisnu Kota Pasuruan, JATIM - JPZIS Baitul Karim dinilai memenuhi kriteria sebagai contoh model Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah (JPZIS) di wilayah Kecamatan Bugul Kidul. 
Penilaian tersebut berdasarkan atas kinerja JPZIS, Perolehan ZIS (sistem penggalangan dana); Tata Kelola ZIS (Program Distribusi dan pendayagunaan ZIS) dan komunikasi intensif dengan PC Lazisnu. 

JPZIS Baitul Karim beralamat di lingkungan RT: 5 RW: 2 Kelurahan Krampyangan dengan SK No. 022/SK/LAZISNU/L.7/II/2017 dilanjut dengan perpanjangan SK JPZIS Nomor: 034/SK/LAZISNU/L.7/V/2020 

Merupakan jaringan Lazisnu yang lahir dan dikelola oleh jamaah Musholla Baitul Karim. 


Kesadaran warga sekitar akan manfaat yang dapat dikembangkan melalui gerakan ini menumbuhkan semangat berpartisipasi dan bergerak bersama Lazisnu. 

Santunan Duka 

Saat ini, JPZIS Baitul Karim sudah bisa mengumpulkan infaq warga rata-rata 2,8 juta dari 88 kaleng infaq setiap bulannya. 

Diketuai oleh H. Achmad Fauzan, ST. yang juga ketua takmir musholla, JPZIS ini sudah eksis mendukung pendanaan berbagai kegiatan masyarakat dan bantuan sosial. 

Kegiatan-kegiatan dimaksud yaitu ada agenda rutin seperti santunan dhuafa ramadhan, Muharraman Yatim, peringatan Agustusan, dan lainnya, ada pula bantuan kegiatan insidentil seperti perbaikan Musholla, santunan duka, bantuan sarana pendidikan bahkan bantuan modal dan peralatan usaha kecil bagi warga.

Santunan Serentak Se-Kota Pasuruan PC Lazisnu

Sementara dibidang administrasi JPZIS Baitul Karim sudah melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran dana ZIS dengan cukup baik, termasuk pelaporan dan dokumentasinya.

Salah satu kunci gerakan infaq yaitu pengumpulan atau penggalangan dana, JPZIS Baitul Karim membentuk tim pengumpulan beranggotakan 3 orang relawan yang bergerak door to door rumah warga pemegang kaleng infaq. 


Dalam menjalankan program kerjanya, JPZIS Baitul Karim senantiasa menjaga komunikasi dengan PC Lazisnu Kota Pasuruan sehingga kebijakan yang ditetapkan berjalan sesuai arahan sebagaimana visi misi Lazisnu. Disamping itu PC Lazisnu juga memberikan insentif terhadap kegiatan yang dilakukan. 

Santunan Muharraman

Mudah-mudahan JPZIS Baitul Karim dapat menjadi inspirasi bagi masjid, musholla dan majelis lainnya di wilayah Kecamatan Bugul Kidul serta tetap istiqomah bersama Lazisnu Kota Pasuruan berjuang dalam gerakan kemashlahatan umat dibawah panji Nahdlatul Ulama.

Post a Comment

0 Comments