DONATE

Bina Desa Nusantara, Kolaborasi Lazisnu JATIM Dan Lazisnu Kota Pasuruan Tingkatkan Ekonomi Umat

Ibu Rusmiati menerima rombong Es Oyen

Lazisnu Kota Pasuruan, JATIM - NU Care Lazisnu Kota Pasuruan menyerahkan bantuan Program Bina Desa Nusantara. Program ini merupakan inisiasi Pengurus Wilayah (PW) Lazisnu Jawa Timur.
Penyerahan bantuan diawali seremonial kegiatan dengan pembacaan sholawat dan sambutan-sambutan. Jum'at, 18/3/2022. 

Ketua NU Care Lazisnu Jatim, A Afif Amrullah dalam sambutannya mengatakan, program Bina Desa Nusantara ini adalah pemberian bantuan kepada masyarakat untuk pengembangan usaha kerakyatan. 

"Dari program bantuan ini diharapkan dapat memotivasi para penerima agar mengembangkan usahanya untuk menambah hasil pendapatannya," katanya. 

Lazisnu Kota Pasuruan
Sambutan Camat Bugul Kidul,  Alyasa Akbar

Sementara Camat Bugul Kidul,  Alyasa Akbar menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Lazisnu Kota Pasuruan atas terlaksananya dengan kegiatan ini.

"Dengan Kegiatan ini, Lazisnu termasuk membantu tugas kami (pemerintah) dalam pemberdayaan dan pemgembangan perekonomian warga," 


Pada kesempatan yang sama, M Zainullloh - Ketua Lazisnu Kota Pasuruan mengatakan sangat bersyukur atas kolaborasi PW Lazisnu JATIM dengan Lazisnu Kota Pasuruan. 

"Alhamdulillah, sejalan dengan rencana program Lazisnu Kota Pasuruan, melalui kerjasama ini program kepedulian bidang ekonomi  kita akhirnya dapat terealisasi," katanya. 



Mengenai pemilihan lokasi program yang berada di Ranting NU Bakalan dengan beberapa pertimbangan karena satu, PRNU Bakalan sedang dalam proses pengembangan struktur NU di wilayahnya - ranting, lembaga dan BANOM NU (IPNU, IPPNU, ANSOR). Kedua kita ingin PRNU Bakalan menjadi ranting NU percontohan di lingkungan MWCNU Bugul kidul terkait gerakan kaleng Infaq NU. 

"Diwilayah MWCNU Purworejo ada PRNU Tembokrejo I dan di wilayah MWCNU Gadingrejo ada PRNU Randusari yang sudah aktif gerakan kaleng infaq dan realisasinya dalam kegiatan sosial yang cukup baik," 

Ibu Supina, pemilik usaha jajanan gorengan

Bertempat di Kantor Kelurahan Bakalan, bantuan tersebut diterimakan kepada 4 orang pemilik usaha dilingkungan Ranting NU Bakalan, Pasuruan dan 1 orang dari Kelurahan Karanganyar, Kota Pasuruan. 


"Bantuan yang diserahkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang dilakukan; Ibu Supina penjual gorengan, Ibu Umi Kulsum penjual mi ayam, Ibu Rusmiati penjual es oyen dan atas nama Bapak M Isbarudin penjual nasi goreng. Ditambah 1 orang pemilik usaha binaan Lazisnu Kota Pasuruan atas nama Saiful Amiri warga Karanganyar penjual es puter keliling," jelasnya.

Sebelumnya, tim Lazisnu Kota Pasuruan telah mengadakan survey calon penerima program dan mengidentifikasi bentuk bantuan yang akan diterima oleh masing-masing.

"InsyaAllah bantuan ini diberikan tepat sasaran. Sebenarnya ada salah satu pengurus Lazisnu di lingkungan Bakalan yang seharusnya juga berhak mendapatkan bantuan modal usaha, namun dengan besar hati lebih mengedepankan tetangganya daripada diri sendiri. Itulah pengurus Lazisnu yang berupaya agar bermental kaya," Ungkapnya. 

KH. M. Mudhofir, Wakil Rais menyampaikan simbolis bantuan

Hadir pada acara tersebut Ketua PWNU Care LAZISNU Jawa Timur, Wakil Rais PCNU Kota Pasuruan-KH. Ahmad Mudhofir, Wakil Sekretaris PCNU, Camat Bugul Kidul, Lurah Bakalan, tokoh masyarakat setempat serta pengurus MWCNU Bugul Kidul, dan Pengurus Ranting NU Se-MWCNU Bugul Kidul. (emef)



Post a Comment

0 Comments