DONATE

Rakornas LAZISNU, PBNU Dorong Nahdliyin Sadar Zakat


Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj membuka Rapat Koordinasi Nasional Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Kamis (26/5) di Gedung PBNU Lantai 8 Jakarta. Dalam sambutannya, Kiai Said mendorong warga NU (Nahdliyin) untuk sadar zakat agar misi kesejahteraan dan kemandirian umat dapat terwujud.

Menurutnya, kesadaran berzakat umat Islam inilah yang menjadi tantangan LAZISNU selain juga mendorong mereka untuk menyalurkan zakat, infaq, dan shadaqah kepada LAZISNU sebagai lembaga penyalur, pendistribusi, dan pemberdayaan zakat.

“LAZISNU ini lembaga yang sangat vital karena terkait langsung dengan masalah kesejahteraan umat. Sebab itu, LAZISNU harus mampu menyadarkan warga NU dan umat Islam agar sadar zakat dan bagaimana mereka dapat menyalurkan zakatnya ke LAZSINU, bukan secara langsung kepada mustahiq yang dapat menyebabkan kecelakaan karena berdesak-desakan,” ujar Kiai asal Kempek Cirebon Jawa Barat.

Untuk itu, lanjut Kiai Said, LAZISNU harus meningkatkan manajemennya, baik pengelolaan, transparansi, memperluas jaringan dengan tujuan untuk kepentingan umat, bertanggung jawab, serta proporsional dan profesional.

Dalam Rakornas 2016 ini, LAZISNU mengambil tema besar Gerakan NU Berzakat Menuju Kemandirian Umat.Pengurus Pusat LAZISNU mengundang seluruh pengurus LAZSINU dari berbagai wilayah dan cabang seluruh Indonesia untuk mensinergikan tata kelola organisasi. Dari Rakornas ini, LAZSINU mengahrapkan pengurus daerah lebih aktif lagi dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pemberdayaan zakat.

Hadir dalam pembukaan Rakornas LAZISNU ini, Wakil Ketua Umum PBNU HM Maksum Mahfudz, Sekjen PBNU HA Helmy Faishal Zaini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga menandatangani SK LAZISNU sebagai badan resmi pengelolaan zakat, dan Anggota Dewan Syariah LAZISNU KH M Mujib Quyubi. Kegiatan Rakornas ini berlangsung, Kamis-Sabtu (26-28/5) di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat.
(Fathoni/nuonline)

Post a Comment

0 Comments