DONATE

Penguatan Manajemen

Teamwork


Selama Periode pertama ini, LAZIS-NU akan selalu fokus pada: 

(1) upaya penguatan lembaga LAZIS-NU, 
(2) membangun kepercayaan dan menumbuhkan kesadaran muzakki, munfiq dan mutashoddiq atau donator melalui kampanye dan, 
(3) memberikan bantuan atau mendistribusikan barang ke mustahiq (orang yang berhak menerima zakat, infaq dan shodaqoh). Tiga hal ini akan dilakukan secara bersamaan, karena ketiganya saling terkait. Mengurangi yang satu dan melebihkan yang lain akan menegakkan LAZIS-NU Kota Pasuruan dalam kondisi miring. Upaya penguatan lembaga LAZIS-NU akan dilakukan melalui, secara umum, membangun tim yang kuat agar bisa menjalankan kegiatan kampanye/penyadaran dan melakukan distribusi ke mustahiq. 


Hal ini dilakukan karena LAZIS-NU Kota Pasuruan secara ruhiah merupakan ‘lembaga baru’, meskipun secara badaniah sudah ada sejak berpuluh tahun yang lalu. Bangunan tim yang kuat ini merupakan pondasi (al-ushul) bagi kelembagaan LAZIS-NU Kota Pasuruan kedepan. Tanpa bangunan tim yang kuat, yang ditopang oleh 
(a) kuatnya sistem (aturan main), 
(b) patuhnya dan terbiasanya personalia pada aturan yang main yang dibuat, serta 
(c) tercukupinya sarana dan prasarana lembaga, maka bangunan kelembagaan LAZIS-NU Kota Pasuruan akan rapuh dan mudah runtuh. 

 Penguatan LAZIS-NU secara khusus dilakukan dengan memperbanyak diskusi dan konsultasi, karena melalui diskusi dan konsultasi ini, pikiran-pikiran majemuk dari setiap person yang bergelut di LAZIS-NU Kota Pasuruan bisa diikat dalam satu titik temu, kemudian secara bersama-sama didorong menjadi kekuatan lembaga. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam hal ini adalah rapat reguler antar pengurus membicarakan tentang perencanaan, monitoring dan evaluasi, pertemuan dengan Pengurus Cabang NU Kota Pasuruan, pelatihan dan pendidikan, serta pertemuan-pertemuan (workshop) dalam upaya mengembangkan sistem kelembagaan. Kedua, membangun kepercayaan dan menumbuhkan kesadaran muzakki, munfiq dan mutahsoddiq (donatur) untuk menjalankan kewajibannya, memiliki keterkaitan dengan upaya pertama memperkuat LAZIS-NU Kota Pasuruan, karena dengan kuatnya LAZIS-NU Kota Pasuruan, maka LAZIS-NU Kota Pasuruan menjadi lembaga yang terpercaya, terutama bagi muzakki, munfiq dan mutahsoddiq (donatur), sehingga muzakki, munfiq dan mutahsoddiq (donatur) mempercayakan (memberikan amanah) kepada LAZIS-NU Kota Pasuruan untuk menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh mereka. Upaya ini secara khusus dilakukan dengan selalu memberikan informasi, mendatangi dan memebrikan konsultasi kepada , munfiq dan mutahsoddiq (donatur) tentang LAZIS-NU Kota Pasuruan dan tentang zakat, infaq dan shodaqoh.

Post a Comment

0 Comments